Tags

, , , ,

Gerobak Pembersih Jalan

Gerobak Pembersih Jalan

Hampir semua media massa di dalam negeri baik media cetak maupun online memuat berita tentang dua orang tukang sampah.
Yang satu bernama Imam Syafii, tukang sampah dari Jakarta, Indonesia dan yang satu lagi adalah Wilbur Ramirez tukang sampah dari London, Inggris.
Kedua mereka tiba-tiba jadi orang terkenal, karena kehidupan keduanya beda 180 derajat. Kondisi ini difilmkan oleh TV Inggris, BBC London.

Saya tidak akan mengulas perbandingan tersebut, karena Wilbur memungut sampah menggunakan peralatan serba otomatis (kendaraan khusus) dengan sistem dan kesadaran masyarakat yang sudah tertata dengan baik. Sedangkan Imam masih mengerjakannya “manual” dengan kondisi masyarakat yang sebagian masih “belum sadar” untuk membuang sampah pada tempatnya.

Tapi yang kita tidak tau, apakah si Wilbur ini tukang sampah benaran ?

Saya hanya ingin menampilkan foto gerobak pembersih jalan yang saya potret di Kensingtone Street (gambar di atas) dan terpesona melihat betapa rapinya tumpukan sampah di St James’s Park (gambar bawah), beberapa waktu yang lalu.

Sampah yang terbungkus rapi di Taman St James

Sampah yang terbungkus rapi di Taman St James

Walaupun sebetulnya ada mobil pembersih jalan yang lebih besar, tapi tetap diperlukan gerobak-gerobak kecil untuk membersihkan jalan-jalan kecil, gang yang sempit atau trotoar.

Advertisements