Tags

, , , , , ,

Setiap olah raga pagi, saya melewati sebuah kompleks perumahan di sekitar tempat saya tinggal.

Di salah satu rumah di kompleks tersebut beberapa kali saya melihat sesuatu di jemur di atas tanaman yang dijadikan pagar.

Seperti dugaan saya sebelumnya, yang dijemur tersebut adalah buah belimbing wuluh, yang sering juga disebut belimbing sayur, belimbing asam atau belimbing buluh dengan nama lain avverhoa bilimbi.

Buah belimbing wuluh adalah buah yang rasanya asam, banyak khasiat dan sering digunakan untuk bumbu sayuran atau campuran jamu.

Nah, kebetulan beberapa hari yang lalu saya ketemu dengan Mpok Minah (yang bekerja di rumah tersebut) sedang memotong dan merapikan pagar tanaman.

Dengan penasaran saya bertanya : “Mpok mau diapain belimbing wuluh ini ?”

“Untuk dijadikan bumbu gulai atau tumis masakan Aceh Pak ” 

(kebetulan rumah yang ditempati si Mpok, orangnya berasal dari Aceh)

”Caranya gimana Mpok ?”

”Setelah kering, belimbing disimpan supaya tahan lama. Kalau dibutuhkan belimbing ini diambil secukupnya, dicuci bersih dan bersamaan dengan bumbu-bumbu yang lain kemudian diblender” .

”Ohhh, gitu ya Mpok. Terima kasih….”

Setelah itu saya pamitan kepada si Mpok untuk melanjutkan olah raga kembali.

Belimbing wuluh di daerah saya, Padang juga digunakan untuk bumbu masakan seperti Gulai atau Pangek Padeh sering juga disebut dengan Asam Padeh  (padeh = pedas Bahasa Padang), Pangek Masin (gulai tidak pakai cabe) bisa menggunakan ikan, daging atau ayam.

Pada masakan ini, belimbing wuluh dibelah dua kemudian dimasukkan sebagai pengganti asam atau jeruk dan tentu saja membuat masakan terasa menjadi lebih segar.

Saya baru tahu bahwa belimbing wuluh ini bisa dikeringkan juga, sebelum digunakan. Bukankah sering kita lihat banyak buah-buah matangnya berguguran di sekitar pohonnya dan terbuang percuma ?.

Ini adalah ide atau solusi yang baik, bisa dikeringkan agar lebih awet dan tahan lama.

Jadi ga mubazir……!!!

Mungkin teman-teman  mengetahui cerita lain tentang belimbing wuluh ?

Dijadikan bumbu untuk makanan apa saja ?

Advertisements