Tags

, , , , , , , , , , , , , , ,

Alhamdulillah, akhirnya visa yang ditunggu-tunggu keluar juga.

Pada awalnya cukup deg-degan apakah aplikasi permohonan visa yang saya ajukan, dan hasil wawancara saya untuk mendapatkan visa disetujui oleh Konsulat Jenderal (Konjen) UK di Jakarta.

Pada Jumat, 25 Maret 2011 yang lalu saya mengisi aplikasi visa secara online (Konjen UK tidak melayani langsung). Setelah pengisian aplikasi dapat diketahui jadwal wawancara, yaitu pada hari Jumat, 8 April 2011, pukul 8 pagi (15 hari atau 2 minggu setelah pengisian aplikasi).

Pengurusan visa ini diselenggarakan oleh PT. VFS Service Indonesia (sebagai UK Visa Application Centre), yang tugasnya melakukan wawancara, mencek keaslian dokumen (paspor, pas photo ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar dan fotocopy rekening pribadi),  melakukan sidik jari melalui fingerscan, foto dengan kamera digital, dan menyerahkannya ke Konsulat Jendral Inggris untuk diproses.

(Saya sengaja buat foto baru, karena tidak mau ditolak atau disuruh foto lagi. Meskipun demikian ga usah takut di pintu masuk ada satu ruangan yang melayani foto sekaligus cetak serta foto copy, sehingga kalau memang disuruh ulang kita tinggal foto saja di sana)

PT. VFS Service Indonesia berada di lantai 22, Zone B, Plaza Asia (kalau ga salah dulu namanya Plaza ABDA), Jl. Jendral Sudirman, Kav 59, Jakarta. Di lantai yang sama, tapi di ruangan yang berbeda perusahaan ini juga melayani pengurusan visa Canada, Australia dan Qatar.

Di pintu masuk masing-masing “negara” dijaga oleh dua orang security perempuan, yang memeriksa setiap tamu dengan metal detector dan di bawah pantauan kamera CCTV.

Menurut peraturan terbaru, pengurusan visa UK adalah Rp. 1.140.000, tetapi jika kita menginginkan “progress report” atau perkembangan proses pengurusan visa tersebut, kita bisa memafaatkan layanan SMS dengan biaya tambahan Rp. 25.000.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses visa adalah antara 5 s/d 10 hari, tapi apabila diperlukan petugas PT VFS bisa memberikan kode “penting” diamplop khusus untuk keamanan pengiriman dokumen ke Konjen UK agar memprioritas permohonan tsb.

Pada Jumat (8/4), sekitar pukul 19.00 WIB saya dapat SMS yang isinya adalah :

“Aplikasi visa anda sudah diserahkan kepada konsulat Jendral Inggris untuk diproses”

Beberapa hari kemudian, Selasa, 12 April 2011, saya dapat  SMS dua kali :

Pertama :

“Aplikasi visa anda sudah selesai dan siap untuk dikumpulkan oleh Pusat Aplikasi Visa UK”

Kedua :

“Aplikasi visa anda sudah disetejui dan sudah dikumpulkan oleh Pusat Aplikasi Visa UK (bisa diambil)”

Ternyata hanya dalam waktu singkat (2 hari kerja : Senin dan Selasa) permohonan visa saya sudah disetujui.

Padahal sebelumnya dianjurkan, agar mengurus visa terlebih dahulu ( minimal 3 bulan), sebelum menentukan tanggal keberangkatan, memesan tiket atau booking hotel di UK.

Padahal saya malah sebaliknya, memesan tiket dan booking hotelnya duluan…

Alhamdulillah, semua lancar. Semoga perjalanannya juga demikian. Amiinnnn

Advertisements