Tags

, , , , , , , , ,

Menu Ikan Pukek

Orang Padang benar-benar tidak pernah kehabisan ide untuk inovasi baru, dengan masakan yang biasa tetapi mengusung konsep kesederahanaan dengan menu ikan-ikan yang fresh from the sea.

Salah satunya ada di daerah yang bernama Air Tawar (salah satu Kelurahan di Kecamatan Padang Utara) ini, kita bisa menemukan tempat makan yang sangat sederhana, sebuah rumah kayu dengan hembusan ASE (Angin SEmilir)  beraroma pinggiran pantai kota Padang.

Terletak di belakang sebuah komplek perumahan bernama Jondul.

Tempat makan yang tidak punya papan nama ini dikenal penikmat kuliner dengan sebutan tempat makan “Lauak Pukek” atau “Ikan Pukek”, orang Padang lebih suka menyebut ikan itu dengan lauak (lauk).

Buka dari pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Ikan pukek atau ikan pukat adalah ikan hasil tangkapan dari pukat atau jala nelayan kecil yang ada disekitar pantai tersebut. Ikan-ikan yang didapat adalah berbagai jenis ikan-ikan kecil seperti : ikan tongkol kecil, ikan “tandeman“, ikan baledang (layur), ikan “maco” yang tipis.

Tentu saja ikan-ikan tersebut adalah ikan-ikan segar hasil perburuan para nelayan, yang dibeli dan langsung diolah.

Ikan-ikan tersebut di gulai dengan nama “Pangek Masin” (gulai kuning), digoreng balado, dihidangkan bersamaan dengan kerupuk jengkol balado (hmm…. bau jengkolnya…).

Sayang kami datang pukul 13.30, sebagian makanan sudah ludes. Tapi ga papa yang penting bisa nyobain.

Enak dan murah meriah ………..

Ikan Gulai Pangek Masin atau Gulai Kuning

Ikan Gulai Pangek Masin atau Gulai Kuning

Ikan Goreng Balado

Ikan Goreng Balado

Kerupuk Jengkol Balado

Kerupuk Jengkol Balado

Advertisements