Tags

, , , , , , ,

Sejak hari Selasa (18/1), saya mengurus perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) saya di salah satu Gerai SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal di bawah Satu Atap) yang berlokasi di PGC (Pusat Grosir Cililitan) lantai 7.

Gerai Samsat PGC

Gerai Samsat PGC

Sejak  hari Senin (17/1) sampai Selasa (18/1) saya coba buka website  TMC (Traffic Management Center) Poda Metro Jaya, informasinya tidak updated, karena masih memuat berita lokasi SIM/STNK Mobil Keliling hari Minggu (16/1).

Gerai Samsat PGC

Gerai Samsat PGC

Ruangan yang di gunakan oleh Gerai Samsat PGC cukup nyaman jika dibandingkan dengan pelayanan SIM/STNK Mobil Keliling yang berada di ruangan terbuka.

Gerai SIM

Gerai SIM

Ada himbauan agar mengurus sendiri, dan tidak menggunakan jasa calo.

Himbauan

Himbauan

Saya sampai di sana pukul 9.00 WIB, kelihatan masih sepi karena sejak malam hujan turun dengan lebatnya sampai siang hari Selasa itu.

Setelah mengisi formulir, saya menyerahkan berkas-berkas asli dan foto copy di salah satu loket, kemudian saya diminta menunggu.

Loket di Gerai Samsat

Loket di Gerai Samsat

Sampai pukul 11.00 WIB, pengunjung semakin ramai. Terdengar pengumuman dari pengeras suara bahwa ada gangguan pada sistem komputer, dikatakan juga apabila sampai pukul 11.30 WIB masih error, akan dilanjutkan besok.

Saya ga tau apakah koneksi ke server pusat yang bermasalah atau aplikasinya yang yang error.

Karena perut mulai terasa lapar, sambil menunggu perbaikan, saya makan siang di foodcourt yang ada di lantai 7 tersebut.

 

Foodcourt Sederhana

Foodcourt Sederhana

Setelah pukul 11.30 WIB, ternyata belum ada tanda-tanda sistem komputernya membaik. Akhirnya seperti pengunjung yang lain, saya menarik kembali berkas-berkas yang sudah saya serahkan ………..

Rencananya saya akan datang hari Kamis (20/1) saja.

Nah, di hari ini (Kamis) saya sampai di Gerai SAMSAT pukul 9.30 WIB, ternyata sudah banyak yang antri.

Langsung saya serahkan berkas, dan dalam waktu 30 menit semuanya sudah selesai…

Alhamdulillah lancar. …

Suasana Hari ini (Kamis, 11 Januari 2011)

Suasana Hari ini (Kamis, 11 Januari 2011)

Hanya sedikit unek-unek saya adalah ketika membayar pajak STNK dengan nilai Rp 1.373.000,  saya menyerahkan uang Rp 1.400.000, tapi dikembalikan hanya Rp 25.000,- padahal seharusnya Rp 27.000, jadi selisih Rp 2.000,-

Sebetulnya untuk saya pribadi uang senilai Rp 2.000,- bisa saya ikhlaskan, masalahnya kalau semua orang diperlakukan seperti itu.

Apa kata dunia …???

(seperti iklan pajak di media massa……….)

Berapa banyak duit lebih (yang tidak bertuan) terkumpul ?

Jika rata-rata sehari ada 500 orang pengunjung (karena lokasinya sangat strategis) dan kelebihannya Rp 1.000,-  x  30 hari (sebulan), karena Sabtu dan Minggu juga buka.

Berarti Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) untuk satu bulan.

Itu baru duit lebihan, apalagi setoran pajak resminya.

Betapa besarnya dana yang dikelola di satu Gerai Samsat……?

Ada berapa Gerai Samsat di Jakarta..???

Ada berapa Pelayanan SIM/STNK Mobil Keliling di Jakarta …???

Ada berapa Samsat di Indonesia ….???

Saya tidak bisa menjawabnya alias bingung……  😦

Mau nanya sama siapa…????