Tags

, , , ,

Sariawan (menurut Wikipedia) atau stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka yang berbentuk bercak warna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Rasa sakit yang diakibatkan oleh sariawan ini saya rasakan sejak 3 hari yang lalu, ketika bangun pagi. Kok tiba-tiba mulut terasa sakit….

Ternyata tanpa saya sadari beberapa bagian di mulut saya menderita sariawan (tidak kurang dari 5 bagian). Saya heran kok bisa tiba-tiba begini, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Karena itu beberapa hari ini saya selalu kumur-kumur dengan obat kumur yang selalu tersedia di rumah.

Saya merasa selalu makan sayur dan  buah-buahan, tapi setelah saya coba membaca buku pintar Wikipedia, dikatakan penyebabnya bukan hanya kekurangan vitamin C dan zat besi, mengkonsumsi makan yang panas, luka/tergigit, dll.

Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi imun atau kekebalan tubuh yang lemah. Nah saya rasa inilah salah satu penyebabnya yang paling tepat. Sebab waktu merayakan tahun baru saya agak memaksakan diri untuk tetap bertahan sampai pukul 1, karena tidak enak dengan tetangga dan anak-anak yang juga masih berada di luar rumah…

Kemaren, istri juga mengeluhkan demikian. Eeeee ternyata siang ini, anak saya yang laki-laki juga……

