Tags

, ,

Kamis, 30 Desember 2010, pukul 15.00, adalah hari ke-14 saya mengurus paspor Republik Indonesia. Pukul 15, saya sudah sampai di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

Seperti hari Rabu lalu, saya antri dan dalam waktu ‘hanya‘ 30 menit, saya sudah dipanggil dan hampir sama seperti sebelumya, dari petugas Imigrasi mendapat jawaban :

Paspor anda belum selesai, coba cek kembali besok atau Senin (3 Januari 2011) ……

[sampai kapan…????]

Kali ini saya harus berbuat sesuatu, jangan menunggu atau pasrah dengan keadaan.

Saya tanya salah saeorang petugas, siapa nama kepala kantor ini, dan dilantai  berapa.

Tapi  dijawab oleh si petugas, “kalau Bapak bertanya masalah paspor sebaiknya menghubungi Bapak Syamsul atau Ibu Evi.”

Ok saya ikuti…..

Saya temui Pak Syamsul, “Pak, mohon bantuan, saya sudah ikuti aturan, dan sudah dua hari antri untuk menerima hasilnya. Tapi sampai saat ini paspor saya belum selesai. Sedangkan Jumat sudah digunakan.

Pak Syamsul langsung minta anggotanya umtuk mencarikan.Dalam waktu setengah jam ketemu satu paspor, satu jam kemudian ketemu satu lagi, dan yang terakhir ditemukan satu setengah jam kemudian.

Tumpukan Dokumen di Imigrasi

Tumpukan Dokumen di Imigrasi

Total waktu yang dibutuhkan adalah tiga setengah jam, sedangkan waktu untuk mengurus paspor dari awal sampai ditemukan dengan susuah payah adalah 14 hari.

Kalau saya tidak minta batuan ke Pak Syamsul, dan Pak Achmad, sampai kapan selesainya paspor kami. Saya yakin kalaupun saya datang Senin, 3 Januari 2011, seperti yang dikatakan petugas Imigrasi, paspor tersebut belum akan saya dapatkan…..

Terima kasih Pak Syamsul, Pak Achmad, khusus kepada Pak Agus dkk yang begitu tekun mecari diantara tumpukan-tumpukan dokumen, juga terima kasih……