Begitu sulitnya memperoleh paspor Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan saat ini, apalagi dengan mengurus sendiri, tanpa lewat calo / agen / travel / “orang dalam” .
Kamis, 16 Desember 2010, kami daftar dan menunggu antrian sampai pukul10 malam, diinformasikan supaya datang kembali 5 hari kemudian (Selasa, 21 Desember 2010) untuk pembayaran dan foto.
Hari ke-2 :
Selasa, 21 Desember 2010, kami sudah sampai di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan pukul 7.30 pagi. Baru bisa melakukan pembayaran pukul 10.15, kemudian harus antri foto lagi, dengan nomor 100an. Saat saya dapatkan, nomor antrian yang diproses baru 20an. Bayangkan sampai pukul berapa kami harus menunggu….???
Ketika kami tanya kira-kira pukul berapa kami dapat dilayani, petugas bilang sekitar pukul 2 siang.
Kami datang lagi pukul 2 siang, ternyata baru sampai nomor antrian 63, karena kasihan sama anak-anak yang sudah kecapean antri dari pukul 7.30 pagi, akhirnya kami kembali pulang lagi, setelah dapat informasi bahwa kami akan terlayani sekitar pukul 8 malam.
Pukul 7 malam kami sudah sampai lagi di Kantor Imigrasi, ternyata nomornya sudah lewat.
Di suruh datang lagi, dengan janji supaya besok pagi dapat nomor antrian dengan angka kecil.
Hari ke-3 :
Rabu, 22 Desember 2010, kami sampai pukul 7.30, ternyata berkas anak saya dapat nomor 40an dan yang lainnya dapat nomor 60an, terpisah dengan alasan berkasnya TIDAK DITEMUKAN.
Pukul 9.30 baru di nomor antrian 2, jam berapa untuk nomor antrian 60-an….???
Akhirnya pukul 3 siang, perjuangan anak-anak selesai juga.
Tinggal menunggu selesainya sampai 7 (tujuh) hari kerja setelah foto……yaitu hari RABU, 29 Desember 2010, artinya butuh waktu 13 (tiga belas) hari, waktu yang dibutuhkan untuk mengurus paspor. Itupun dengan catatan “Mudah-mudahan” (disertai harapan dan doa).
Saya merasa Kantor dan Petugas Imigrasi Jakarta Selatan TIDAK PROFESIONAL dalam melayani masyarakat, karena apapun alasannya dengan banyaknya dana yang terkumpulkan setiap hari, harusnya mereka sudah PROFESIONAL. Dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat.
Tidak seperti sekarang AMBURADUL…. Bisa dengan mudahnya mengatakan berkasnya TIDAK DITEMUKAN…..
Diantara hiruk-pikuk suara pengunjung dan pengeras suara, ada iklan yang diputar berulang-ulang kurang lebih seperti ini : ” Kami adalah garda terdepan yg menjaga keutuhan NKRI……dan kami berusaha memberi pelayanan yang sebaik-baiknya kepada anda……..”.
fitr4y said:
capek n kesel …
🙂
ded said:
Ya begitulah Mba Fit, apalagi anak-anak. Kalau kita orang dewasa mungkin masih bisa diterima….
Terima kasih Mba, Selamat Hari Ibu….
bundadontworry said:
hiiiiigh…..menyebalkan sangat ya kerja mereka , Ded.
untunglah imigrasi di daerah tangerang dimana bunda tinggal, tak menyebalkan seperti itu. 👿
yg penting kita telah siapaan berkas2 yg diperlukan, ditinggal, besok kembali utk foto, tunggu 1 atau 2 jam, selesai………
Mereka gak menyadari bahwa pekerjaan mereka adalah amanah utk melayani 😦
salam
ded said:
Ya Bun, untung anak saya sudah 11 dan 7 tahun, sudah cukup ngerti kalau dikasih tau bahwa kita harus bersabar . Bayangkan untuk yang masih bayi atau orang-orang tua dengan suasana yang sesak dan udara yang panas ……..
Sementara dana masyrakat yang dikumpulkan setiap hari bisa mencapai 200 juta, bahkan mungkin lebih hanya untuk satu kantor seperti Jakarta Selatan, belum yang lain-lainya diseluruh Indonesia….
Terima kasih Bun………….
Sawali Tuhusetya said:
duh, makin terbukti kalau para petugas di berbagai instansi makin tdk peduli dalam memberikan layanan terbaik kepada publik. mungkin benar kalau mereka masih menganut adagium: kalau bisa dibikin sulit, kenapa dipermudah? walah!
ded said:
Jika “Public services” di suatu negara sangat baik, menandakan negara itu adalah negara maju…..
Bukan begitu Pak Sawali???
teras info said:
Wah…ternyata repot juga ya, Mas…
kalau saya belum pernah ngurusin paspor kaya gini….
masih belum mau go to luar negeri….
belum punya duit soalnya..he..he..
ded said:
Harusnya ga seperti ini Mas, karena Imigrasi itu sudah puluha tahun mengurus masalah paspor ini …..
Denuzz BURUNG HANTU said:
Ya itulah petugas dan pelayanan di kantor pemerintahan di negeri nan kaya raya ini…
Bukan hanya di kantor imigrasi kali yg seperti itu.
Ya, kalo mau cepet ngurus, harus ada yang ‘nyelip’
Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…
nh18 said:
Adduuuhh …
Kok bisa begitu ya Uda …
Kalau mengurus sendiri sepertinya memang di “selak” terus … di lewatin terus … oleh mereka yang mengurus lewat Calo … (tidak bermaksud untuk menuduh mereka kerja sama dengan “orang dalam”)(tetapi kenyataannya menggiring kita untuk berpendapat seperti itu )
Sebetulnya kalau semuanya tertib … surat lengkap …
seharusnya bisa cepat …
BTW …
Kantor Imigrasinya sepertinya pindah ya Uda …
Dulu ketika saya ngurus perpanjangan … masih di daerah mampang … tetapi sekarang sepertinya sudah pindah ke sebelah Jalan Tol dekat Pool Bis dan Terminal Lebak bulus itu ya Uda ?
Salam saya
Salam saya
ded said:
Aktifitas kantor mulai pkl 8, anehnya walaupun kami sampai pukul 7.30, kami dapat nomor 41, 61 dan 62. Padahal ketika kami datang langsung daftar untuk antrian, tapi belum di izinkan.
Yah itulah “permainan”………Pak NH
Benar pak NH, Kantor sementaranya ada di Jl Simatupang, antara Lampu merah Fatmawati dengan Pondok Indah. tepatnya disebelah “Lorena”.
Terima kasih Pak NH, mudah2an pelan-pelan negara kita bisa menjadi negara maju, supaya pelayanan publiknya lebih baik …….
Lozz akbar said:
Wah kalau tahu rumitnya seperti itu, enggak jadi deh saya ke luar negeri hehehe
ded said:
Usul saya, klo mau ngurus Paspor nanti saja, jika kantor yang lama selesai di renobvasi Mas….Thx
achoey el haris said:
Makasih dah berbagi
Jujur saya belum pernah buat paspor
🙂
ded said:
Saya yakin suatu saat akan sampai kesana. Semoga….
adi said:
nice share, pak..
bulan desember ini memang kanim sedang ramai-ramainya, pak.. mungkin krn ada isu kenaikan biaya bikin paspor.. oia, mendaftar dulu secara online di website imigrasi bisa mempercepat proses permohonan, pak.. jika sudah ada surat pra-permohonan (dpt di-print setelah isian online lengkap), setelah penyerahan berkas bisa langsung foto hari itu juga..
ded said:
Terima kasih Pak, sarannya……
adi said:
hehe..
gmn pak, hari ini udah jadi atau belum paspornya?
btw fyi buat yg lain, bisa konfirmasi permohonan paspor via sms.. Caranya, ketik PASPOR SPASI NOMOR PERMOHONAN, kirim ke: 08118113456 (Contoh: PASPOR 142000000001234)
ded said:
Yah, itu dia masalahnya Mas Adi (belum selesai), kami masih harus bersabar …….