Tags

, , ,

Hari ini (5/11) adalah Jumat pertama kami berada di Canberra, shalat di Mesjid satu-satunya yang ada di sini, namanya “Canberra Mosque”.

Menurut informasi, Mesjid ini didirikan secara bersama-sama dengan biaya dari Kedutaan Negara-negara Islam.

Terletak di sekitar kantor-kantor kedutaan, terutama dekat dengan kantor kedutaan Negara-negara Islam seperti kantor kedutaan kita sendiri, yaitu Kantor Kedutaan Republik Indonesia, kemudian Malaysia, Iran, Lebanon dll.

Malah sebagian besar yang shalat Jumat di sini kelihatanya dari Timur Tengah. Ada belasan orang wajah-wajah Indonesia, diantaranya yang terbanyak adalah dari Kantor Kedutaan kita. Ketika bicara dengan seseorang, ternyata dia juga dari Kedutaan Indonesia, ketemu juga dengan satu keluarga yang berasal dari Jawa (kami sempat say hallo).

Suasananya cukup ramai……….

Sebelum pintu masuk Mesjid ada sebuah meja tempat menerima sumbangan (ga sempat nanya buat disumbangakan kemana, karena waktu shalat sudah akan dimulai….), dijaga oleh dua orang, lengkap dengan brosur-brosurnya…..

Mesjid ini sepertinya juga tempat bertemunya orang-orang dari beberapa negara yang sama sambil bertukar informasi atau hanya sekedar bicara-bicara santai….

Seperti halnya Mesjid di Indonesia, di depannya (di lapangan terbuka) terdapat beberapa penjual makanan seperti Roti Bakar Ala Timur Tengah , Kebab, atau minuman.

Kami sempat beli sebungkus roti seperti ini, berisi sepuluh buah roti dengan harga AUS $ 1.5 .

Lumayan buat iseng……………..