Tags

, ,

Patong (menurut pemandu wisata kami di Phuket yang bernama Abdullah) adalah bahasa Thai yang berarti  “Pantai” (mirip atau mungkin juga berasal dari Bahasa Melayu), sehingga pantai tersebut dinamakan dengan Patong Beach di Phuket, Thailand. Seperti juga salah satu pantai lain yang bernama Kata Beach, konon kabarnya nama pantai ini disebabkan oleh banyaknya katak di sana.

Patong maupun Kata Beach dan pantai disepanjang Phuket kelihatannya tidak lebih bersih dari Pantai Kuta di Bali, sampah-sampah bertebaran dimana-mana, terutama sampah plastik, bahkan saya bersama seorang teman juga menemukan dan membuang pecahan botol atau bola lampu pijar dan kayu-kayu bekas dari pantai, supaya tidak melukai pengunjung yang lain.

Tetapi kelihatannya masyarakat yang berusaha dan bermata pencaharian di sekitar pantai tersebut merasa ikut bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan pantai di sekitar mereka.

Setelah waktu menunjukkan pukul 7 pagi, mulai kelihatan beberapa orang yang membersihkan dan menyapu pantai

Bahkan si kecilpun ikut………..

Apakah ini suatu gambaran bahwa mereka mempunyai rasa memiliki yang tinggi, karena kesadaran mereka sudah cukup tinggi……………????

Mungkin rasa seperti inilah yang perlu dipupuk dan dimiliki oleh masyarakat kita, agar secara bersama-sama membangun bangsa ini agar tumbuh seperti yang dicita-citakan. Bahkan sudah harus dimulai sejak kecil, agar ditanamkan rasa cinta tanah air…….