Tags

,

Jakarta – Saya merisaukan anak saya (kelas 6 SD), bagaimana kalau nanti masuk ke jenjang pendidikan SMP, sementara anaknya sendiri kelihatan biasa-biasa dan santai saja.

Saya dan istri sudah berusaha memberi pemahaman bahwa untuk mendapatkan SMP yang baik harus dimulai dari sekarang, mumpung masih ada waktu.

Saya sudah berusaha mendatang guru khusus (gabung dengan beberapa orang temannya) untuk BIMBEL (Bimbingan Belajar), yang punya pengalaman untuk mengajarkan menjawab soal-soal.

Setiap mulai belajar, selalu ada alasan untuk telat atau ga mau datang, padahal teman-temannya jalan terus….sehingga makin lama makin ketinggalan, makin sulit mengejarnya dan akibatnya makin malas…….

Saya melihat bagaiman dua orang teman saya yang punya anak yang akan masuk SMP, pada tahun ajaran baru 2010 ini. Setiap hari, bahkan hampir setiap jam mengikuti perkembangan urutan atau rangking anaknya (di Internet) di SMP pilihan mereka. Kalau tidak diterima di pilihan pertama, mereka akan lihat lagi di SMP pilihan berikutnya…..menjadi deg-degan dan stres karena cepatnya perubahan yang terjadi sampai hari terakhir….

Tidak terbayangkan jika NEMnya tidak mencapai target yang dibutuhkan…Wassalam…

Dari pengalaman di atas saya ingin anak saya mendapat nilai terbaiknya, tentu saja dengan usaha dan kerja keras…..belajar dan belajar, sehingga bermain adalah selingan. Bukan sebaliknya bermain dan bermain sehingga belajar adalah selingan.

Herannya kenapa bermain internet di rumah atau datang ke warnet bersama teman-temannya dalam waktu berjam-jam, bisa. Tapi jika disuruh belajar satu jam saja terasa beraaat sekali, dan ngantuk sekali….capeeek sekali….

Saya berharap agar kesadaran itu segera tuumbuh, jangan sampai terlambat…..karena penyesalan datang belakangan…..Amiinnn.

Catatan :

Tulisan ini adalah yang kedua tentang SMP, artikel sebelumnya adalah dengan judul SMP juga, sebagai parstisipasi  saya atas “Gerakan SEO Positif “ untuk membersihkan keyword Anak SMP dan SMP dari dunia  pornografi. Mudah-mudahan bermanfaat.Terus terang saya semangat berkat dukungan dari Blogger-blogger senior….Terima kasih dukungan semua.

Advertisements