Kamis, 15 April 2010, kami ke Bandung. Kami berangkat pukul 09.40, molor 40 menit dari rencana semula. Dari Pasar Minggu kami kami masuk tol Simatupang, terus ke Tol Cikunir menuju tol CIPULARANG (CIkampek – PUrwakarta – PadaLARANG).

Perjalanan Menuju Bandung

Perjalanan Menuju Bandung

Sampai di Bandung sekitar pukul 11.45, karena sudah waktunya makan siang, kami langsung cari tempat makan dulu, keliling-keliling  dan restoran pertama yang kami temui adalah Restoran SAMBARA, kemudian di sampingnya  Restoran BANCAKAN. Kebetulan beberapa kali ke Bandung kami selalu makan di kedua restoran tsb.

Kami coba cari-cari restoran alternatif, kemudian menuju  jalan Riau, dan ketemu restoran Saung Kuring (kalau ga salah) yang di depannya tempat jualan kue dengan bahan dasar kelapa khas Manado “KLAPPERTART“.

Kami pesan 2 ekor Ikan Nila Bakar, 1 ekor Gurame Goreng, 2 porsi Udang Saus Padang, 1 ekor ayam goreng kampung kering khas restoran tsb, 2 porsi Cah Kangkung, 2 porsi Cah Genjer campur potongan Paprika, 1 porsi lalapan, 2 posri Karedok, 1 porsi gado-gado, 4 porsi sambal dan untuk minuman sebagian besar memesan jus Jeruk Kelapa .

Ngintip dari Mobil

Ngintip dari Mobil

Sementara menunggu masakannya datang kami disuguhi 2 porsi Otak-otak beserta sambal kacangnya dan teh tawar, kemudian pesan (tambah) satu porsi lagi Otak-otak, masih kurang tambah lagi satu porsi Otak-otak.

Di tempat tujuan kami shalat Zuhur, kemudian kami juga disediakan macam-macam makanan serta teh manis hangat.

Sekitar pukul 16.30 kami pamit untuk kembali ke Jakarta. Sebelum masuk Pintu Tol Pasteur, kami berhenti untuk beli oleh-oleh buat teman-teman di Jakarta.

Macam-macam kue kering di jual di sana, kami membeli Rangginang, Brownies, Bakwan Malang, Asinan Buah Salak, Belut dll.

Snack & Remote

Snack & Remote

Untuk Asinan Buah Salak kami makan sama-sama sambil menunggu teman-teman yang lain selesai, ternyata ketika akan masuk ke mobil kami dikasih sebungkus tempe goreng yang baru keluar dari penggorengan, gratis untuk makan di jalan, kata pelayan toko tersebut.

Di Rest Area atau SPBU pertama yang kami temui di Tol Cikampek (daerah Sadang), kami berhenti untuk makan malam. Ramai sekali di sana, apalagi di restoran-restoran seperti Mie INO dan Restoran SEDERHANA Padang. Kami mencari restoran yang  menjual macam-macam soto, ada Soto Kudus, Soto Sadang, Soto Tangkar dll. Tapi saya cukup pesan Ayam Bakar dengan segelas jeruk hangat saja.

Kami pulang lewat Tol Cikunir supaya lancar dan menghindari macet, karena kami perkirakan kalau keluar Tol Pondok Gde biasanya macet.

Perkiraan kami benar sampai Pasar Minggu perjalanan lancar sekali dan sekitar pukul 20.45 kami sampai di rumah.