Aktivitas saya sore ini di Kenari agak terhambat, karena hujan. Tapi saya berharap mudah-mudahan hujan akan reda. Supaya saya bisa naik Kereta Ekonomi AC dari Pasar Minggu Baru menuju Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Cikini.

Biasanya teman-teman yang barengan naik kereta api ketemu, setelah itu kami  menyeberang  jalan Cikini Raya, kemudian bersama menelusuri Pasar Tradisional Cikini.

Pasar Tradisional Cikini

Pasar Tradisional Cikini di Sore Hari

Waktu pertama kali melewatinya, saya tidak tahu bahwa ujung-ujungnya adalah Pasar Tradisional Kenari.

Jalan melewati gang kecil yang dikiri kanannya tempat orang berjualan berbagai macam kebutuhan rumah tangga bergabung dengan rumah penduduk sebagai tempat tinggal. Kemudian kami menyeberang Jembatan Ciliwung,  untuk ketemu dengan Pasar Kenari. Tentu saja ketika hujan turun, gang kecil tersebut menjadi sangat becek. Sehingga saya harus menyiapkan sendal jepit, dalam situasi begini buka sepatu dan kaos kaki.

Ternyata jalan kaki dari Stasiun Cikini sampai ke Pasar Kenari hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalan, sedangkan pilihan kendaraan menuju kesana adalah ojek atau bajaj. Dari Stasiun Cikini harus mutar melewati RS. Cipto dan Salemba kemudian baru Kenari. Tadinya bisa melewati pinggiran kali Ciliwung, ternyata beberapa bulan yang lalu bantaran kali yang sudah diaspal dan bisa dilewati kendaraan itu LONGSOR. Dapat dibayangkan naik ojek atau bajaj pada saat sebagian besar orang Jakarta baru pulang kantor dan dalam waktu yang bersamaan, ampuuun macetnya…..sehingga dengan ojek atau bajaj bisa menghabiskan waktu 20 sampai 30 menit

Pasar Kenari di Sore Hari

Pasar Tradisional Kenari di Sore Hari

Saya melakukan aktivitas sampai pukul 20.30,  kemudian bersama teman-teman jalan kaki lagi ke jalan Raya Kenari, menyeberangi jembatan layang. Siap-siap menyetop bajaj menuju Stasiun Manggarai.

Di Stasiun Manggarai sudah menunggu Kereta Ekonomi AC balik dari Stasiun Depok (Lama atau Baru), berhenti di Stasiun Manggarai dan kembali ke Stasiun Bogor untuk  mengangkut saya ke Stasiun Pasar Minggu Baru.

