PANTAI SENGGIGI adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok, kabarnya banyak wisatawan mancanegara yang sudah jenuh dengan Pantai Kuta di Bali, dan kemudian mencari alternatif lain di sini.

Berada di sebelah Barat Pulau Lombok, hanya ½ jam dari kota Mataram atau dari Bandara di Ampenan.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Katanya pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Pantai ini menghadap Selat Lombok yang berbatasan dengan Pulau Bali.

Sayangnya kami ga sempat melihat keindahan pantai ini di siang hari, karena kesibukan. Berhubung besok paginya sudah harus kembali lagi ke Jakarta, maka malampun akhirnya sampai juga di Senggigi, tapi karena jalannya  ga ada penerangan (lampu), keindahan yang kami harapkan tidak terlihat sama sekali.

Hanya gelap gulita …………….

Sepanjang perjalanan menuju pantai Senggigi kami temui para penjual JAGUNG BAKAR (kami sempat berhenti dan mencicipi untuk merasakan hangatnya jagung bakar).

AYAM TALIWANG

Jika berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, tentu wisata kulinernya tidak sempurna sebelum mencicipi AYAM TALIWANG, yang merupakan salah satu Pusaka Kuliner Nusantara, banyak penggemarnya, baik dibakar maupun digoreng. Rasa pedas yang menyengat dari bumbu ayamnya, adalah ciri khas Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang Bakar

Ayam Taliwang Bakar

Ayam Taliwang merupakan ayam bakar bumbu pedas khas dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ayam yang digunakan sebagai bahan dasar adalah ayam kampung muda berumur kira-kira 3 s/d 5 bulan. Karena itu ukurannya juga kecil seperti burung dara. Sehingga bumbunya yang pedas, sedikit manis terasa sampai ke tulang ayamnya.

Kami dapat menikmati ayam taliwang langsung dari daerah asalnya  tanah Lombok, merupakan suatu kepuasan tersendiri.

Untuk menemukan rumah makan Ayam Taliwang, tidak sulit. Diantaranya yang banyak dikunjungi oleh anak-anak muda Mataram adalah Rumah Makan TALIWANG IRAMA, di Jl. Ade Irma Suryani dan Rumah Makan 2M (Muhibin Murad).

PLECING KANGKUNG

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Plecing kangkung di NTB setara popularitasnya dengan ayam taliwang, karena  kangkung di sini sangat istimewa, mempunyai tekstur yang lembut sehingga bisa dimakan sampai dengan batangnya.

Plecing kangkung adalah kangkung rebus yang dibubuhi sambal tomat dan disajikan dengan tauge, urap dan kacang tanah.

BEBERUK

Beberuk adalah lalapan terong mentah, sambal tomat kemudian dicampur minyak kelapa,

Beberuk Terong

Beberuk Terong

Pedas, itulah kesan jika merasakan menu masakan tradisional di Pulau Lombok. Citra itu bisa jadi karena kata Lombok dari pulau itu sendiri identik dengan rasa pedas.