Ketika mampir ke Ternate, Maluku Utara kami diundang teman untuk berkunjung ke rumahnya, yang berdekatan dengan Kuncen (pemegang kunci) Gunung GAMALAMA (seorang tua yang sangat disegani di Ternate), dan menurut beliau sehari sebelumnya baru saja dikunjungi DORCE GAMALAMA.

Ternyata kami disambut dengan makanan pokok/khas Maluku Utara (Ternate) yaitu PAPEDA atau bubur sagu yang juga merupakan makanan pokok masyarakat Maluku, Papua dan Papua Barat. Papeda terbuat dari tepung sagu yang diaduk sambil disiram dengan air mendidih sehingga berbentuk adonan seperti lem, yang biasa kita gunakan untuk perekat.

Papeda

Papeda

Karena Papeda adalah makanan pokok, maka salah satu hidangan pendampingnya adalah ikan kuah kuning yang segar, yang juga berfungsi untuk mendorong Papeda ketika dimakan.

Cara makan Papeda sedikit unik, menggunakan sumpit yang dipegang kedua tangan, diputar dengan cepat sehingga menyerupai gulungan, terputus dari Papeda yang ada dimangkok, kemudian dituang dalam piring, serta diberi kuah ikan kuning, terus diseruput, langsung ditelan.

Namun bagi yang belum terbiasa memakan Papeda, sebaiknya makan sedikit saja, sekedar mencoba. Karena mungkin perut perlu menyesuaikan dulu.

Ketika kami mampir ke suatu kafe dipinggir laut (lokasinya cukup tinggi dari permukaan laut), kami dihidangkan pisang goreng dan sukun goreng, yang dimakan dengan sambal terasi. Ternyata sedap sekali…..

Ikan Kuning

Ikan Kuning

Nah, saat makan gorengan ini saya teringat dengan kampung halaman di Padang. Kebiasaan kami sedikit berbeda dengan yang ada di Ternate, kami biasa memakan goreng pisang/singkong/sukun bersamaan dengan ketan hitam/putih yang ditaburi parutan kelapa. Bahkan makan durenpun terasa nikmat bersama dengan ketan.

Di Ternate ada lagi yang lebih nikmat setelah makan gorengan, ketika ditutup dengan minuman khas GURAKA, yaitu minuman jahe, yang ada rasa dan aroma kulit manis juga cengkeh kemudian ditaburi irisan buah kenari….

Wow …….., lengkap sudah rasanya menikmati kuliner di Maluku Utara……

Air Guraka

Air Guraka