Hari ini ada TUNAS JAYA I CUP / Festival Bola Anak-anak U-10 dan U-12 di Lapangan Bangdes Dept. Dalam Negeri Jl. Pasar Minggu Raya, rencananya dimulai pukul 07 pagi molor menjadi pukul 09.

Anak saya Kevin adalah salah seorang pemain/peserta festival tersebut, seminggu yang lalu sudah menyerahkan fotocopy Akte Kelahiran, Rapor dan pas  foto, tetapi dengan syarat pada saat pertandingan harus membawa Akte kelahiran ASLI atau Rapor ASLI.

Pukul 9 malam (sehari sebelumnya) sudah siap-siap tidur supaya besok paginya tidak kesiangan. Pukul 5.30 paginya sudah dipanggil teman-temannya untuk segera datang ke tempat mereka berkumpul. Dengan sigap Kevin mandi, berpakaian dan segalanya sendiri (tanpabantuan Mamanya), walaupun di kertas pengumuman dinyatakan baru berangkat pukul 6.30 pagi, tetap saja Kevin maunya berangkat lebih awal yaitu pukul 5.50 pagi.

Menurut info festival diselesaikan dalam satu hari, jadi rata-rata masing-masing klub bertanding 3 kali, masing-masing pertandingan 20 menit.

Dengan suasana hujan dan lapangan yang sangat tidak memadai anak-anak bermain bola, becek, rumput liar hidup sesukanya, genangan air, dan sesekali panitia mengurangi genangan air di lapangan dengan kaleng. Baju kering dibadan dan kotor karena lumpur menjadi hal yang biasa.

Pukul 13.30 kami datang ke lapangan tersebut, kelihatan anak-anak senang-senang saja karena bersama dengan teman-temannya , sambil jajan makanan yang ada di sekeliling lapangan.

Pukul 15.30 Kevin sampai di rumah lagi………….

Jika kita lihat suasana lapangan dan pertandingan sungguh tidak layak …….tetapi menurut pelatihnya moment ini hanya sekedar menambah pengalaman untuk anak-anak. Sekalian diajak mensyukuri karena lapangan di tempat kita jauh lebih baik dan lebih terawat daripada lapangan tempat mereka main sekarang…………