Tags

, , , , , , , , ,

Ketupat Kandangan dengan Ikan Gabus dan Pindang Telur

Ketupat Kandangan dengan Ikan Gabus dan Pindang Telur

Sepanjang jalan sejak keluar dari Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarbaru  Kalimantan Selatan (tidak jauh dari Banjarmasin) menuju pusat kota Banjabaru,  kami banyak menemukan warung-warung sederhana yang bertuliskan “Warung Ketupat Kandangan”.

Nama makanan ini bagi saya sangat asing, tentu saja langsung membuat penasaran untuk mencobanya.

Seperti apa ya makanannya ?

Pagi pertama kami sarapan di hotel, kemudian baru ingat bahwa dari kemarin mau mencoba Ketupat Kandangan.

Karena itu kami sepakat agar besok pagi harus sarapan dengan Ketupat ini.

Alhamdulillah cita-cita itu terkabulkan……. :)

Ketupat Kandangan adalah jenis makanan sederhana dengan ketupat (bisa juga lontong) yang dihidangkan dengan kuah santan mirip opor, tidak pakai sayur dan tidak pakai kerupuk seperti ketupat/lontong sayur yang biasa kita lihat.

Aksesorisnya adalah Ikan Gabus (Ikan Haruan) yang direbus dengan bumbu tertentu, kemudian diasap setelah itu digoreng cabe atau tanpa cabe yang disiram dengan kuah santan, Sate Telur Ikan Gabus,  Sate isi perut Ikan Gabus, dan Pindang Telur Bebek Albino (kuning telurnya berwarna kemarahan) dengan bumbu khusus (warna bumbunya kemerahan).

Hati-hati, karena pada Ikan Gabus ditancapkan lidi untuk penyangga agar ikannya tidak patah/hancur, jadi sebelum dimakan sebaiknya cabut dulu lidinya.

Anehnya Ketupat Kandangan tidak seperti ketupat biasa yang lengket dan bersatu. Ketupat Kandangan cenderung berderai, karena dibuat dari beras pera. Cara memakannyapun pakai tangan (disuap), makanya ada yang memandang kami dengan tatapan “lain”, karena makan menggunakan sendok.

He3x …. ketahuan bukan orang Banjar……!!!

Ooopss…!!!, hati-hati dengan sambalnya yang pasti, sangat pedas.

Oh ya, Kandangan adalah nama sebuah Kabupaten di Kalimantan Selatan (menurut si penjual ketupat), daerah ini berjarak lebih kurang 110 km dari Banjarbaru ke arah Selatan (terlihat di peta mengarah ke pantai).

Gabus Balado

Gabus Balado

Sate isi Perut Ikan Gabus di copot dari lidinya

Sate isi Perut Ikan Gabus di copot dari lidinya

Warung Ketupat Kandangan

Warung Ketupat Kandangan

Harga seporsi Ketupat Kandangan dan sepotong Ikan Gabus hanya Rp 10.000 , Pindang Telur Rp 5.000 dan Sate Isi Perut Ikan Rp 5.000.

 

About these ads