Tags

, , , , , , , ,

Papan Monitor Permainan Kim

Papan Monitor Permainan Kim

Main Kim atau Permainan Kim adalah suatu permainan dari Sumatera Barat. Main Kim adalah permainan kemungkinan angka yang keluar, dimainkan dengan menggunakan musik (keyboard/organ tunggal disertai dengan penyanyi) sebagai alat bantu.

Lagu-lagu yang dinyayikan untuk mengikuti permainan ini dilakukan secara berpantun dan berirama riang.

Main Kim sering digunakan untuk membagikan hadiah (doorprize) dalam suatu acara reuni, ulang tahun atau malam sebelum acara pernikahan.

 

Penyelenggara permainan Kim saat ini sudah menggunakan software untuk memonitor angka kim yang keluar, dilengkapi dengan laptop serta LCD Projector untuk memandu para peserta.

Tapi permainan Kim yang kami ikuti masih menggunakan cara lama (manual).

Kartu Kim berisi 5 angka acak perbaris

Kartu Kim berisi 5 angka acak perbaris

Cara permainan Kim :

Permainan Kim menggunakan lembaran kertas yang berwarna biru, kuning, merah muda atau putih. Kertas ini sudah diisi dengan nomor-nomor acak, dari 1 sampai dengan 90.

Sambil bermain, penyanyi mendendangkan lagu-lagu berpantun (berbahasa Minang maupun Indonesia), sembari mengocok sebuah tabung terutup berisi koin (nomor-nomor)  yang akan dibacakan dalam permainan.

Para peserta harus menandai (coret/silang/lingkar) nomor tersebut dikertasnya masing-masing. Jika ada peserta yang mendapatkan 5 angka yang dicoret  dalam satu baris, dialah yang menang (pemenang bisa lebih dari satu orang).

Di bawah ini adalah gambar kertas hasil coretan saya yang menang dalam satu putaran, hadiahnya satu buah dompet. Pada putaran yang lain saya meraih hadiah sebuah tas perempuan yang saya sumbangkan keteman perempuan (karena waktu itu adalah acara reunian SMA).

Dalam permain kim pada reunian kami, hadiah yang diberikan hanyalah sebagai hiburan untuk memeriahkan acara, yaitu baju/kain batik, mukena, ikat pinggang, ada juga hadiah berupa uang Rp 500.000 (dua kali putaran) dan Rp 1.000.000,-  (satu kali sebagai penutup).

[ Hadiah-hadiah yang cukup besar, coretannya bisa lebih dari satu baris].

Untuk permainan Kim tingkat tinggi bisa saja berhadiah alat-alat elektronik, motor bahkan mobil dll.

Coretan Angka dalam satu baris (pemenang)

Coretan Angka dalam satu baris (pemenang)

Tabung Kim Berisi koin angka-angka

Tabung Kim Berisi koin angka-angka

Hadiah Kim yang saya dapat

Suasanan Persiapan Permainan KIM

Suasanan Persiapan Permainan KIM

About these ads