Tags

, , , , , , , ,

Seperti yang pernah saya sampaikan pada tulisan-tulisan sebelumnya, bahwa 2 (dua) minggu terakhir (antara Juli s/d  Agustus 2011) saya punya kegiatan dari sore sampai malam hari di daerah Depok.

Kami diwajibkan mengikuti salah satu dari 3 (tiga) materi belajar (kursus), dengan pilihan belajar  SAP (Systems Applications and Products), Oracle atau Sisco (Security Identification Systems Corporation) di Kampus Depok.

Kebetulan yang duluan mulai dan banyak peminatnya adalah SAP, mau ga mau saya jadi terbawa arus ikutan ambil SAP. Masalahnya kalau belajar yang lain (Oracle atau Sisco) kita harus menunggu sampai periode berikutnya. Padahal jadwalnya tergantung jumlah peminat,  minimal jumlah peserta setiap kelas adalah 12 (dua belas) orang.

Modul yang kami ambil ada dua yaitu SAP Fundamental Training dan SAP HR (Human Resources) Training dari  tanggal 14 Juli s/d 3 Agustus 2011,  pukul 17.00 s/d 21.00 WIB.

Pertemuan yang dilakukan selama 15 hari (kali), diisi dengan materi  SAP Fundamental Training 6 kali pertemua (belajar) dengan ujian 1 kali, berikutnya adalah sesi HR, 7 kali belajar dengan 1 kali ujian.

Tadinya saya berharap akan mendapat pengetahuan tentang programming, ternyata SAP adalah program/aplikasi yang sudah jadi, terdiri dari modul-modul yang bisa di customize tergantung kebutuhan. Kalau ingin mengikuti programming SAP ada kelas tersendiri yaitu Pemrograman ABAP (Advanced Business Application Programming).

Waktunya yang ketat,  belajar dimalam hari, kemudian besoknya harus kerja lagi, mengakibatkan materi-materi yang diberikan tidak sempat dibaca. Padahal hari ke-7 sudah diwajibkan untuk mengikuti ujian.

Tanggal 25 Juli 2011, kami ujian yang pertama yaitu SAP Fundamental dengan jumlah soal 70 dalam waktu 180 menit (3 jam). Dari jumlah soal tersebut, kita harus mengisi dengan benar minimal 49 soal.

Berikutnya, kami belajar SAP HR sampai tanggal 2 Agustus 2011, dilanjutkan dengan ujian kedua yaitu SAP HR dengan jumlah soal 40 dalam waktu 120 menit (dua jam). Dari jumlah soal tersebut, jawaban yang benar minimal 28 soal.

Buat saya mengikuti ujian resmi dari SAP ini terasa cukup berat, karena tidak punya waktu untuk belajar atau membaca materi yang diberikan ?

Alhamdulillah, masa-masa yang cukup berat itu sudah kami lewati.

Mudah-mudahan juga dengan hasil yang memuaskan…….

About these ads